Senin, 26 Desember 2011

Pengalaman BADAR EXPRESS (1)

Awal mulanya didasari oleh rasa kecintaan yang semakin dalam terhadap Islam, maka tercipta tekad ingin menguasai bahasa Arab. Alhamdulillah Allah memudahkan dengan diadakannya BADAR EXPRESS (Belajar Bahasa Arab Dasar cepat hanya sembilan hari) di kampus oleh Al-Lughoh (Organisasi peduli Bahasa Arab) di MBM STAN.

Program belajar bahasa Arab ini diadakan pada waktu libur akhir tahun selama sembilan hari. Jadi bagi mahasiswa yang tidak pulang ke kampung halamannya, maka mereka bisa memanfaatkan waktu libur dengan ikut program BADAR ini. Selain menambah pengetahuan, belajar bahasa Arab juga merupakan investasi untuk dunia dan akhirat. Dengan sudah menguasai bahasa Arab minimal dasarnya, pasti bisa memahami Al-Quran dan tidak perlu repot melihat terjemahannya. Selain itu bahasa Arab juga adalah bahasa peradaban Islam. Jadi dengan belajar bahasa Arab, maka kita sebagai orang muslim sekaligus membangun peradaban Islam.

Untuk waktu belajarnya sendiri tiga kali sehari dengan uang pendaftaran yang hanya Rp 30.000,00 pendidikan seperti ini pasti sayang dilewatkan. Dengan pengorbanan sedikit, insya allah dapat manfaat yang banyak. Makanya, sayang banget buat teman-teman yang tidak berkesempatan mengikuti pelatihan ini. Target dari pembelajaran ini sendiri dari awal dikatakan dapat membaca kitab gundul (kitab yang tidak ada harokatnya sama sekali).

Subhanallah, peserta yang ikut ternyata banyak sekali dan memang hebat-hebat, karena punya motivasi yang kuat dalam mencari ilmu Allah sebanyak-banyaknya. Hari pertama yang penuh semangat, didukung juga oleh seorang Ustad yg hebat, subhanallah. Beliau bukan hanya mengajarkan ilmu bahasa Arab tapi juga membahas permasalahan-permasalahan umat dari dulu sampai sekarang. Mulai kisah tentang sejarah bahasa Indonesia yang banyak disadur dari bahasa Arab, masalah remaja, orang tua, pernikahan, bahkan politis juga beliau bahas di saat selingan beliau mengajar bahasa Arab. Tapi yang supernya, beliau walaupun cerita kemana-mana tapi tetap nyambung ke topik bahasa Arab. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Feed me, Please =D