Senin, 24 Desember 2012

Tafsir Basmalah

بسم الله الرحمن الرحيم

Dengan nama Allah yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang
بسم الله --> Saya memulai dengan setiap nama yang dimiliki Allah yang Maha Tinggi. Karena kata isim itu mudhof tuggal yang disandarkan, yang mengandung arti mencakup seluruh nama-nama Allah yang indah. Selain itu, nama Allah dapat digunakan untuk meminta apapun.
*maksudnya: di dalam kalimat basmalah sudah terkandung nama-nama Allah yang indah (Asmaul Husna), sehingga dengan hanya mengucapkan basmalah, itu berarti kita sudah menyebutkan seluruh Asmaul Husna, dan kita bisa memohon apapun dengan memulai sesuatu dengan basmalah. Berbeda jika kita memohon dengan menyebutkan nama Allah (Asmaul Husna) satu persatu. Misalkan, kita memohon rezeki, tapi dalam doa kita, kita menyembutkan Ya Ghaffar (Yang Maha Pengampun), seharusnya Ya Rhazzaq (Yang Maha Pemberi Rezeki)


الله --> Dia yang Maha Disembah, yang Maha Diibadahi, dan yang berhak Diesakan di dalam beribadah. Karena Allah bersifat Maha Disembah dengan sifat Uluhiyah, dan sifat Uluhiyah itu adalah sifat yang paling sempurna.
*Yang berhak disembah hanyalah yang paling sempurna dan yang paling sempurna hanyalah Allah SWT. Jadi selain Allah tidak patut disembah.

الرحمن --> Sesungguhnya Allah memiliki pemberian yang luas, besar, yang keluasannya meliputi segala sesuatu, mencakup semua yang hidup
*Semua yang tinggal di dunia ini diberi rezeki oleh Allah
الرحيم --> Allah hanya memberikan sayang-Nya hanya kepada orang-orang yang bertakwa, yang mengikuti nabi-nabi Allah dan Rasul Allah, dan mereka akan mendapat rahmat yang mutlak (mendapat dunia dan akhirat). Selain dari mereka  tidak akan mendapatkan Rohim, mereka hanya mendapatkan bagian kecil darinya.
*Segala sesuatu pasti mendapatkan kasih Allah, tapi hanya yang bertakwa, yang mengikuti nabi-nabi Allah dan Rasul Allah yang akan mendapatkan keduanya kasih dan sayang Allah. 
Orang yang mendapat Rahman belum tentu mendapatkan Rahim, tapi Orang yang mendapat Rahim, pasti mendapatkan Rahman.

Ada sebuah kisah, bahwa nanti penduduk Surga akan ditanya Allah tentang keinginan mereka. Dan mereka berkata, apa lagi yang kami inginkan sedangkan semuanya sudah Engkau berikan? Lalu Allah menjawab, masih ada lagi yang bisa diberikan, yaitu Ridho-Ku

Menurut Muyassar, hikmah basmalah adalah
1. Agar bisa melaksanakan suatu pekerjaan dan tidak malas
2. Agar bisa istiqomah dalam melaksanakan sesuatu
3. Meminta berkah
*berkah = melahirkan kesyukuran

2 komentar:

Feed me, Please =D