Senin, 24 Desember 2012

Temanggung, Dieng, dan Sahabat


Temanggung,sebuah kota kecil yang memiliki slogan “Bersenyum (Bersih, Sehat, Nyaman Untuk Masyarakat”  memiliki pesona pemandangan yang luar biasa. Banyaknya gunung yang mengapit kota ini menyebabkan udara disana selalu segar oleh hembusan udara pegunungan. 
Lalu lintas di sana juga teratur karena para pengendara menaati peraturan lalu lintas. Selain itu pohon-pohon juga menghiasi bahu-bahu jalan, sehingga semakin memperasri pemandangan disana. 

Di Temanggung, saya memiliki seorang sahabat baik yang ikut mondok juga di Sragen. Sebelum pulang ke Medan, saya dan seorang sahabat saya yang lain menyempatkan diri untuk berkunjung ke rumahnya. Disana sempat mencicipi makanan khas Temanggung, yaitu bakso uleg, rolade, dan entho cotot. Berbeda dengan bakso biasa yang sambalnya sudah jadi, kalau bakso uleg sambalnya langsung di uleg di mangkoknya, dan kuahnya juga berbeda, selain itu juga ditambahkan kupat tahu di dalamnya. Rasanya segar dan sangat enak. Sedangkan rolade terbuat dari daun singkong yang dicampur tahu lalu digoreng bulat-bulat dan Entho Cotot terbuat dari singkong yang ditumbuk halus dan didalamnya diisi dengan gula merah lalu digoreng. Gak nyesel  lah berkunjung ke Temanggung :D bahkan sempat berpikiran untuk tinggal disana , hehe




Oleh teman saya, kami diajak bertamasya ke Dieng, dataran tinggi di Jawa yang katanya tertinggi kedua di dunia. Tempat pertama yang kami lihat adalah Telaga Warna.




 Telaga Warna Dieng

Katanya dulu telaga ini bisa menampilkan banyak warna, tapi sayangnya saat ini telaga tersebut hanya berwarna hijau saja, karena mineral yang menyebabkan warna telaga itu berubah-ubah telah diambil oleh Jepang. Namun begitu, pesona telaga ini tetap terjaga sehingga sayang untuk melewatkan foto-foto di sekitar telaga ini.


Mahapatih Gadjah Mada

 Goa Pengantin




Goa Sumur






Oh iya, perjalanan dari Temanggung ke Dieng ditempuh dengan waktu 2 jam. Sebenarnya setelah Dieng kami melanjutkan perjalanan ke Kawah Sikidang, tapi ceritanya akan diceritakan di postingan selanjutnya saja ya :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Feed me, Please =D