Senin, 20 Januari 2014

Principal Of Accounting (Chapter 2)

ACCOUNT/REKENING/PERKIRAAN
Adalah sebuah catatan individual akuntansi (individual accounting report) atas kenaikan dan penurunan (increase dan decrease) terhadap assets, liabilities, dan owner’s equity.
Group/ kelompok dari account disebut dengan ledger . Bentuk dari account tersebut berbentuk huruf T. Sebelah kiri atau disebut sisi debit, sebelah kanan atau disebut sisi credit.
Debit balance = saldo debit
Credit balance =saldo credit

General ledger ialah ledger yang umum yang berisikan assets, liabilities, dan owner’s equity. General ledger banyak digunakan oleh perusahaan
INDIVIDUAL ASSETS
INDIVIDUAL LIABILITIES
INDIVIDUAL OWNER’S EQUITY
Equipment
Interest payable
Owner’s equity
Land
Salaries payable
Salaries expense
Supplies
Account payable
Service expense
Kas
Notes payable
Drawing


Capital
Notes : baca dari bawah ke atas

CHART OF ACCOUNT( bagan rekening )
Ialah sebuah daftar dari perkiraan-perkiraan di dalam ledger, biasanya daftar tersebut dibuat secara urut, pertama account balance sheet yaitu asset, liabilities dan owner’s equity dan account income statement yaitu revenue dan expenses.

ASSETS
Sumber-sumber/ resourches yang dimiliki oleh suatu badan usaha. Resourches ini dapat mempunyai bentuk fisik yang disebut tangible assets misalnya: cash, supplies, dan lain-lain yang berwujud dan ada pula yang disebut intangible assets (assets tidak berwujud) yaitu tidak berwujud tetapi mempunyai nilai, misalnya patent right, copyright (hak penerbit), goodwill (nilai lebih).
Beberapa contoh dari assets lain adalah: account receivable, prepaid expense (insurance), building, equipment dan land

LIABILITIES
Adalah debt/hutang pada pihak luar (outsider) / creditor, sering diidentiikasikan di balance sheet, dengan nama payable contoh account payable, notes payable, wages payable.
Note :
Notes payable: suatu janji tertulis (return promise) untuk membayar sejumlah uang pada suatu tanggal yang telah ditentukan.
Cash received in advance (cash yang diterima di muka) atas suatu jasa/services yang belum direalisir merupakan liability, ini disebut juga unearned revenue (revenue yang belum merupakan pendapatan)

OWNER’S EQUITY
Owner’s right (hak owner) terhadap asset perusahaan. Untuk propiertorship, owner’s equity di balance sheet disajikan dengan nama owner’s capital account.
Drawing account (perkiraan account) merupakan jumlah withdrawal oleh owner’s equity sebagai akibat dari selling services/produk ke customer, misalnya fees earned, fares earned (pendapatan tarif, misalnya kereta api, taksi), commission revenue, d.l.l.

Expenses: penggunaan atas asset/konsumsi jasa dalam proses untuk generating revenue (memperoleh revenue) contoh: supplies used
Journal: suatu transaksi yang pertama kali dicatat , journal jg disebut book of original entry
Journalizing: peruses mencatat sebuah transaksi dalam journal
Journal entry: bentuk dari catatan transaksi

Aturan mencatat di dalam akuntansi sebagai berikut:
1.     Balance sheet account:
a.     assets, debit for increases, credit  dan credit for decreases
normal balance (saldo normal) terletak di debit
b.     liability, debit for decreases, dan credit for increases
normal balance adalah credit
c.owner’s equity, debit for decreases, credit for increases
normal balance adalah credit

2.     income statement
a.     revenue, debit for decreases dan credit for increases
normal balance adalah credit
b.     expenses, debit for increases dan credit for decreases

Setiap ayat journal berhak memiliki satu account atau perkiraan
Double-entry accounting adalah jumlah debit harus sama dengan jumlah kredit

ILLUSTRATION ANALYZING AND SUMMARIZING TRANSACTIONS
Posting adalah proses memindahkan atau mentransfer debit dan credit suatu journal ke perkiraan/ account.

TRIAL BALANCE
Adalah sebuah daftar dari perkiraan- perkiraan dan saldonya pada waktu tertentu. Biasanya  trial balance disusun pada akhir periode akuntansi. Perkiraan-perkiraan disusun secara berurutan sesuai di dalam ledger tersebut. Saldo debit diletakkan di kolom kiri dan saldo kredit diletakkan di kolom kanan.

Tujuan utama dibuatnya trial balance adalah untuk check/ checking/ prove bahwa antara debit dan credit setelah posting adalah sama/equal. Dengan kata lain jumlah saldo perkiraan debit di trial balance sama dengan jumlah saldo perkiraan kredit. Jika debit dan kredit tidak sama/seimbang, maka trial balance dapat digunakan untuk mencari kesalahan dalam journal dan posting.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Feed me, Please =D