Iseng membongkar kembali file-file sewaktu kuliah, sewaktu masih tingkat I tepatnya, dan ternyata ada catatan tentang principal of accounting. Lupa apakah saya yang merangkumnya sendiri atau bukan, sepertinya sih iya, tapi kurang yakin juga --" (gimana sih ya?). Akan tetapi, meskipun kurang lengkap, tapi semoga tetap dapat membantu para pembaca yang memang sedang membutuhkan :D
Rangkuman ini ada dua cahpter, jadi akan saya bagi menjadi dua postingan saja
Check it out
1. Manufacturing business:
satu usaha yang mengubah input atau bahan ke dalam produk atau barang jadi yang
akan dijual ke customer atau langganan.
2. Merchandising business:
satu usaha menjual produk ke customer
3. Service business:
usaha jasa yaitu memberikan jasa ke customer
Bentuk
organisasi usaha:
1. Proprietorship:
bentuk usaha yang dimiliki perorangan
banyak disukai dan biaya pendiriannya murah.
Kelemahan:
sumber keuangan terbatas pada satu pemilik
2. Partnership:
bentuk usaha yang dimiliki oleh dua atau lebih individual
3. Corporation:
suatu organisasi usaha berbadan hokum dan kepemilikan dalam usaha tersebut
dibagi dalam bentuk stok atau saham. Corporation mengeluarkan /issue/menjual
stok atau saham kepada individual/ usaha lain dimana pemilik tersebut merupakan
stockhoders dari suatu corporation tersebut.
Keuntungan utama: kemampuannya memperoleh modal atau
sumber yang lebih besar dengan mengeluarkan atau menjual saham
Note: Perusahaan yang dapat menjual saham ke
individual adalah perusahaan yang sudah GO PUBLIC
Adalah
bisnis perorangan yang mempunyai kepentingan atas suatu usaha. Stakeholder
biasanya meliputi owners, suppliers, employees, customers, creditor/pemasok/pemberi
pinjaman, dan pemerintah.
Penjelasan akan kepentingan dari
pihak-pihak tersebut:
1. Kepentingan pemilik: untuk mengetahui kondisi keuangan
sehingga mempermudah mencari keuntungan.
2. Kepentingan creditor: adanya jaminan keamanan dalam hal
bagaimana uang pinjaman dapat kembali
3. Kepentingan investor: adanya hasil dari investasi
4. Kepentingan pekerja: mendapatkan penghasilan yang layak
5. Kepentingan pemerintah : mendapatkan pajak karena 70% anggaran
adalah berasal dari pajak
THE ROLE OF ACCOUNTING IN BUSINESS
Accounting
menyajikan informasi untuk manajer untuk digunakan dalam operasi perusahaan
juga Accounting memberikan informasi pada stakeholder lain untuk digunakan
dalam operasi dan kodisi perusahaan.
Dalam
pengertian umum, accounting dapat didefinisikan sebagai suatu system informasi
yang memberikan/ menyajikan laporan ke stakeholder mengenai aktifitas ekonomi
dan kondisi suatu usaha.
Dapat
juga dikatakan accounting merupakan suatu system informasi yang
mengidentifikasikan (identify), mencatat (record), dan mengkomunikasikan
(communicate), peristiwa ekonomi dari suatu organisasi ke user yang
berkepentingan.
Glosarium:
Mengidentifikasi: melakukan seleksi atas aktifitas ekonomi
terhadap suatu perusahaan, misalnya, sales( penjualan), pembayaran gaji (wages),
pembelian (purchase)
Record (mencatat): melakukan pencatatan secara sistematis
secara kronologis (terjadinya) dengan ukuran rupiah.
Communicate: financial information yang berbentuk accounting report dikomunikasikan kepada
pihak-pihak berkepentingan.
PROFESSION ACCOUNTING
Akuntan
bisa menjadi private accounting atau public accounting
Private accounting (internal
auditor/cotroller): Akuntan yang dipekerjakan dalam suatu
usaha baik profit ataupun nonprofit
Public accounting:
Di Amerika disebut CPA (Certified Public Accounting) Akuntan beserta staffnya yang yang memberikan
jasa dengan suatu biaya tertentu pada pihak yang membutuhkan.
Distinguishing/ perbedaan between
bookkeeping (tata buku) and accounting
Bookkeeping:
meliputi pencatatan dan pelaporan tunggal sedangkan
Accounting:
meliputi bookkeeping dan banyak hal yang lain sampai mengkomunikasikan economic
event (peristiwa ekonomi) dalam bentuk financial report ke user.
Accounting
dapat dibagi menjadi:
1. Financial accounting:
aktifitas akuntansi yang terutama memusatkan dalam segi pencatatan atau
recording dan pelaporan (reporting) data ekonomis dan aktifitas suatu
perusahaan meskipun laporan ini menyajikan informasi untuk manajer tetapi ia
diperuntukkan untuk user yang lain.
2. Managerial accounting (manajer
akuntansi) menggunakan keduanya yaitu:
a. financial accounting
b. estimated data (data taksiran)
Untuk membantu manajemen dalam pelaksaan
operasi dari hari ke hari (day to day operation) dan perencanaan operasi yang
akan dating (plenning future operation). Akuntan mengumpulkan dan melaporkan
informasi yang relevan yang dibutuhkan manajemen untuk pengambilan keputusan
tepat waktu (timely).
Note: taksiran data : sales, purchase, biaya
GENERALLY ACCEPTED ACCOUNTING PRINCIPLES
(GAAP)
(PRINSIP-PRINSIP AKUNTANSI YANG DITERIMA
UMUM)
Profesi akuntansi mengembangkan standar
yang diterima umum dan digunakan dalam praktek (pelaporan akuntansi). Standar
ini menunjukkan bagaimana melaporkan peristiwa ekonomi.
Note:
FASB : badan swasta
SEC :
( Securitace Exchange Comition) badan pemerintah, bekerja sama dalam membentuk
prinsip-prinsip akuntansi.
Contoh GAAP: misalkan, ketika kita kan membeli sebuah
gedung, kita harus mencatat harganya. Cost dengan market value sama, tapi kita
harus mencatat costnya bukan mencatat market value.
Assumption : Dalam penggunaan GAAP beberapa asumsi
digunakan yaitu:
1. Monetary assumption:
menghendaki suatu transaksi yang dapat diekspresikan/ digambarkan dalam bentuk
uang (rupiah) di dalam accounting record
2. Economic Entity assumption:
asumsi entitas ekonomi suatu asumsi yang menghendaki adanya pemisahan antara
entity/entitas/perusahaan dengan aktifitas pribadi.
ASSETS, LIABILITIES, AND OWNER’S EQUITY
Assets:
sumber-sumber yang dimiliki perusahaan, mis: cash, land, building, equipment
d.l.l.
Right/ claim/ hak atas property tersebut
biasanya dibagi menjadi 2, yaitu
1. Right of Creditor:
merupakan debt/ hutang perusahaan yang disebut liabilities
2. Right of Owners:
disebut owner’s equity
Hubungan antara ke-2 nya tersebut
membentuk suatu persamaan / equation
ASSETS = LIABILITIES + OWNER’S EQUITY
BUSINESS TRANSACTION AND THE ACCOUNTING
EQUATION
Suatu
transaksi usaha yang mengakibatkan perubahan dalam financial condition.
Glosarium:
Supplies:
bahan-bahan yang habis dalam setahun
Revenue:
pendapatan yang diterima atas penjualan goods/merchandise (barang dagangan)/
penjualan jasa
Sales:
revenue yang diperoleh apabila yang dijual merchandise
Fees earned :
revenue yang diperoleh apabila yang dijual jasa
Rent revenue: revenue yang diperoleh apabila
yang dijual jasa peminjaman
Interest revenue : revenue yang diperoleh
dari bunga
Revenue menambah owner’s equity
Biaya mengurangi owner’s equity
Account Payable: hutang dagang biasanya
kepada pemasok atau supplier
Fees on account: Jasa yang dijual secara kredit
Sales on account: Penjualan barang secara kredit
Account receivable: Claim terhadap customer
atau tagihan terhadap langganan. Account receivable masuk ke daftar assets
Expenses:
jumlah yang digunakan dalam proses untuk memperoleh revenue, supplies used,
wages employees
Miscellanous:
biaya terhadap barang-barang kecil yang berulang-ulang
FINANCIAL STATEMENT ( LAPORAN KEUANGAN )
Setelah
transaksi-transaksi dicatat dan diikhtisarkan/ summarize maka dibuat laporan
untuk user. Laporan akuntansi yang menyajikan suatu informasi disebut financial statement .
Financial statement untuk proprietorship
adalah sebagai berikut
1. Income statement ( laporan laba rugi ) ialah suatu ikhtisar atau summarize dari
revenue dan expenses untuk suatu periode waktu tertentu, mis: bulan/ tahun.
2. Statement or owner’s equity ialah suatu ikhtisar/ summary dari perubahan owner’s
equity yang terjadi pada suatu periode waktu tertentu, mis: bulan/tahun
3. Balanced sheet/neraca/statement of financial position ialah daftar atas assets, liabilities,
dan owner’s equity pada satu periode waktu tertentu, mis: 31 Desember = 1 periode waktu
4. Statement of Cashflows ialah suatu summary atas cash receipts dan cash payments/ pengeluaran
uang pada suatu periode waktu tertentu, mis: bulan/ tahun.
Note: Neraca akhir suatu periode adalah
neraca awal periode berikutnya.
INCOME STATEMENT
Melaporkan
revenue dan expenses untuk satu periode waktu berdasarkan matching concept.
Concept ini meng-appliedkan matching expense dan revenue yang dihasilkan selama
satu periode oleh expenses tersebut.
Note:
Expense yang dikeluarkan adalah untuk
mendukung revenue pada tahun yang sama.
Kelebihan revenue terhadap expense adalah
net profit. Jika expense melebihi revenue diperoleh net loss.
Cash flow adalah revenue dikurang expense
Acquisition adalah memperoleh
Tidak ada komentar:
Posting Komentar