Senin, 20 Januari 2014

Principal Of Accounting (Chapter 1)

Iseng membongkar kembali file-file sewaktu kuliah, sewaktu masih tingkat I tepatnya, dan ternyata ada catatan tentang principal of accounting. Lupa apakah saya yang merangkumnya sendiri atau bukan, sepertinya sih iya, tapi kurang yakin juga --" (gimana sih ya?). Akan tetapi, meskipun kurang lengkap, tapi semoga tetap dapat membantu para pembaca yang memang sedang membutuhkan :D
Rangkuman ini ada dua cahpter, jadi akan saya bagi menjadi dua postingan saja

Check it out
Ada 3 tipe bisnis:
1. Manufacturing business: satu usaha yang mengubah input atau bahan ke dalam produk atau barang jadi yang akan dijual ke customer atau langganan.
2. Merchandising business: satu usaha menjual produk ke customer
3. Service business: usaha jasa yaitu memberikan jasa ke customer

Bentuk organisasi usaha:
1. Proprietorship: bentuk usaha yang dimiliki perorangan  banyak disukai dan biaya pendiriannya murah.
Kelemahan: sumber keuangan terbatas pada satu pemilik

2. Partnership: bentuk usaha yang dimiliki oleh dua atau lebih individual

3. Corporation: suatu organisasi usaha berbadan hokum dan kepemilikan dalam usaha tersebut dibagi dalam bentuk stok atau saham. Corporation mengeluarkan /issue/menjual stok atau saham kepada individual/ usaha lain dimana pemilik tersebut merupakan stockhoders dari suatu corporation tersebut.
Keuntungan utama: kemampuannya memperoleh modal atau sumber yang lebih besar dengan mengeluarkan atau menjual saham

Note: Perusahaan yang dapat menjual saham ke individual adalah perusahaan yang sudah GO PUBLIC

BUSINESS STAKEHOLDERS
Adalah bisnis perorangan yang mempunyai kepentingan atas suatu usaha. Stakeholder biasanya meliputi owners, suppliers, employees, customers, creditor/pemasok/pemberi pinjaman, dan pemerintah.
Penjelasan akan kepentingan dari pihak-pihak tersebut:
1. Kepentingan pemilik: untuk mengetahui kondisi keuangan sehingga mempermudah mencari keuntungan.
2. Kepentingan creditor: adanya jaminan keamanan dalam hal bagaimana uang pinjaman dapat kembali
3. Kepentingan investor: adanya hasil dari investasi
4. Kepentingan pekerja: mendapatkan penghasilan yang layak
5. Kepentingan pemerintah     : mendapatkan pajak karena 70% anggaran adalah berasal dari pajak

THE ROLE OF ACCOUNTING IN BUSINESS
Accounting menyajikan informasi untuk manajer untuk digunakan dalam operasi perusahaan juga Accounting memberikan informasi pada stakeholder lain untuk digunakan dalam operasi dan kodisi perusahaan.
Dalam pengertian umum, accounting dapat didefinisikan sebagai suatu system informasi yang memberikan/ menyajikan laporan ke stakeholder mengenai aktifitas ekonomi dan kondisi suatu usaha.
Dapat juga dikatakan accounting merupakan suatu system informasi yang mengidentifikasikan (identify), mencatat (record), dan mengkomunikasikan (communicate), peristiwa ekonomi dari suatu organisasi ke user yang berkepentingan.

Glosarium:
Mengidentifikasi: melakukan seleksi atas aktifitas ekonomi terhadap suatu perusahaan, misalnya, sales( penjualan), pembayaran gaji (wages), pembelian (purchase)
Record (mencatat): melakukan pencatatan secara sistematis secara kronologis (terjadinya) dengan ukuran rupiah.
Communicate: financial information yang berbentuk accounting report dikomunikasikan kepada pihak-pihak berkepentingan.

PROFESSION ACCOUNTING
Akuntan bisa menjadi private accounting atau public accounting
Private accounting (internal auditor/cotroller): Akuntan yang dipekerjakan dalam suatu usaha baik profit ataupun nonprofit
Public accounting: Di Amerika disebut CPA (Certified Public Accounting)  Akuntan beserta staffnya yang yang memberikan jasa dengan suatu biaya tertentu pada pihak yang membutuhkan.

Distinguishing/ perbedaan between bookkeeping (tata buku) and accounting
Bookkeeping: meliputi pencatatan dan pelaporan tunggal sedangkan
Accounting: meliputi bookkeeping dan banyak hal yang lain sampai mengkomunikasikan economic event (peristiwa ekonomi) dalam bentuk financial report ke user.

Accounting dapat dibagi menjadi:
1. Financial accounting: aktifitas akuntansi yang terutama memusatkan dalam segi pencatatan atau recording dan pelaporan (reporting) data ekonomis dan aktifitas suatu perusahaan meskipun laporan ini menyajikan informasi untuk manajer tetapi ia diperuntukkan untuk user yang lain.
2. Managerial accounting (manajer akuntansi) menggunakan keduanya yaitu: 
a. financial accounting
b. estimated data (data taksiran)
Untuk membantu manajemen dalam pelaksaan operasi dari hari ke hari (day to day operation) dan perencanaan operasi yang akan dating (plenning future operation). Akuntan mengumpulkan dan melaporkan informasi yang relevan yang dibutuhkan manajemen untuk pengambilan keputusan tepat waktu (timely).

Note: taksiran data : sales, purchase, biaya

GENERALLY ACCEPTED ACCOUNTING PRINCIPLES (GAAP)
(PRINSIP-PRINSIP AKUNTANSI YANG DITERIMA UMUM)
Profesi akuntansi mengembangkan standar yang diterima umum dan digunakan dalam praktek (pelaporan akuntansi). Standar ini menunjukkan bagaimana melaporkan peristiwa ekonomi.

Note:
FASB : badan swasta
SEC  : ( Securitace Exchange Comition) badan pemerintah, bekerja sama dalam membentuk prinsip-prinsip akuntansi.
Contoh GAAP: misalkan, ketika kita kan membeli sebuah gedung, kita harus mencatat harganya. Cost dengan market value sama, tapi kita harus mencatat costnya bukan mencatat market value.

Assumption : Dalam penggunaan GAAP beberapa asumsi digunakan yaitu:
1. Monetary assumption: menghendaki suatu transaksi yang dapat diekspresikan/ digambarkan dalam bentuk uang (rupiah) di dalam accounting record
2. Economic Entity assumption: asumsi entitas ekonomi suatu asumsi yang menghendaki adanya pemisahan antara entity/entitas/perusahaan dengan aktifitas pribadi.

ASSETS, LIABILITIES, AND OWNER’S EQUITY
Assets: sumber-sumber yang dimiliki perusahaan, mis: cash, land, building, equipment d.l.l.
Right/ claim/ hak atas property tersebut biasanya dibagi menjadi 2, yaitu
1. Right of Creditor: merupakan debt/ hutang perusahaan yang disebut liabilities
2. Right of Owners: disebut owner’s equity

Hubungan antara ke-2 nya tersebut membentuk suatu persamaan / equation
ASSETS = LIABILITIES + OWNER’S EQUITY

BUSINESS TRANSACTION AND THE ACCOUNTING EQUATION
Suatu transaksi usaha yang mengakibatkan perubahan dalam financial condition.

Glosarium:
Supplies: bahan-bahan yang habis dalam setahun
Revenue: pendapatan yang diterima atas penjualan goods/merchandise (barang dagangan)/ penjualan jasa
Sales: revenue yang diperoleh apabila yang dijual merchandise
Fees earned : revenue yang diperoleh apabila yang dijual jasa
Rent revenue: revenue yang diperoleh apabila yang dijual jasa peminjaman
Interest revenue : revenue yang diperoleh dari bunga
Revenue menambah owner’s equity
Biaya mengurangi owner’s equity
Account Payable: hutang dagang biasanya kepada pemasok atau supplier
Fees on account: Jasa yang dijual secara kredit
Sales on account: Penjualan barang secara kredit
Account receivable: Claim terhadap customer atau tagihan terhadap langganan. Account receivable masuk ke daftar assets
Expenses: jumlah yang digunakan dalam proses untuk memperoleh revenue, supplies used, wages employees
Miscellanous: biaya terhadap barang-barang kecil yang berulang-ulang

FINANCIAL STATEMENT ( LAPORAN KEUANGAN )
Setelah transaksi-transaksi dicatat dan diikhtisarkan/ summarize maka dibuat laporan untuk user. Laporan akuntansi yang menyajikan suatu informasi disebut financial statement .
Financial statement untuk proprietorship adalah sebagai berikut
1. Income statement ( laporan laba rugi ) ialah suatu ikhtisar atau summarize dari revenue dan expenses untuk suatu periode waktu  tertentu, mis: bulan/ tahun.
2. Statement or owner’s equity ialah suatu ikhtisar/ summary dari perubahan owner’s equity yang terjadi pada suatu periode waktu tertentu, mis: bulan/tahun
3. Balanced sheet/neraca/statement of financial position ialah daftar atas assets, liabilities, dan owner’s equity pada satu periode waktu tertentu, mis:  31 Desember = 1 periode waktu
4. Statement of Cashflows ialah suatu summary atas cash receipts dan cash payments/ pengeluaran uang pada suatu periode waktu tertentu, mis: bulan/ tahun.

Note: Neraca akhir suatu periode adalah neraca awal periode berikutnya.

INCOME STATEMENT
Melaporkan revenue dan expenses untuk satu periode waktu berdasarkan matching concept. Concept ini meng-appliedkan matching expense dan revenue yang dihasilkan selama satu periode oleh expenses tersebut.

Note:
Expense yang dikeluarkan adalah untuk mendukung revenue pada tahun yang sama. 
Kelebihan revenue terhadap expense adalah net profit. Jika expense melebihi revenue diperoleh net loss.
Cash flow adalah revenue dikurang expense
Acquisition adalah memperoleh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Feed me, Please =D