Kamis, 29 Desember 2016

Sujud, Lutut dulu atau Tangan dulu?


Ada perbedaan di kalangan umat Muslim tentang sifat sholat nabi salallahu 'alaihi wa sallam, salah satunya yaitu cara sujud, apakah dengan lutut terlebih dahulu ataukah tangan. 
Ustad Adi Hidayat, Lc menjelasan bahwa kedua cara tersebut sama-sama memiliki hadits shahih yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah di dalam kitab Hadits Abu Dawud sebagai berikut:

Sujud dengan Lutut terlebih dahulu:
Hadits Abu Dawud No. 714
Narated By Abdullah ibn Abbas : I came riding a donkey. Another version has: Ibn Abbas said: When I was near the age of the puberty I came riding a she-ass and found the Apostle of Allah (pbuh) leading the people in prayer at Mina. I passed in front of a part of the row (of worshippers), and dismounting left my she-ass for grazing in the pasture, and I joined the row, and no one objected to that.

Hadits Abu Dawud No. 837
Narated By Wa'il ibn Hujr : I saw that the Prophet (pbuh) placed his knees (on the ground) before placing his hands when he prostrated himself. And when he stood up, he raised his hands before his knees.

Sujud dengan Tangan terlebih dahulu:
Hadits Abu Dawud No. 840
Narated By AbuHurayrah : The Prophet (pbuh) said: (Does) one of you kneel down in his prayer as a camel kneels down (i.e. put his knees before his hands).

Jika kedua cara tersebut memiliki landasan hadits yang shahih, maka kedua cara tersebut dapat dilaksanakan Yang berkembang di masyarakat adalah pemahaman hadits yang salah. Hikmah dari perbedaan cara sujud tersebut adalah memudahkan umat Muslim dalam beribadah. Jika kesulitan sujud dengan lutut, maka diperbolehkan sujud dengan tangan terlebih dahulu dan jika kesulitan sujud dengan tangan, maka diperbolehkan untuk lebih dahulu menurunkan lutut. Yang tidak diperbolehkan adalah sujud menyerupai cara duduknya unta.

Lalu bagaimana cara Unta duduk?


Yang perlu dipahami pertama adalah unta tidak memiliki tangan, karena unta adalah termasuk hewan mamalia berkaki empat. Tapi kenapa banyak yang berpikir seolah-olah unta memiliki dua tangan dan dua kaki?

Jika kita perhatikan gambar unta yang sedang duduk, maka kita bisa melihat kaki depan unta yang disejajarkan dengan tanah dan kedua kaki belakangnya yang dilipat ke dalam. Ketika unta turun untuk duduk, maka unta akan menekuk salah satu kaki depannya terlebih dahulu lalu diikuti kaki depan yang lainnya setelah itu ia turunkan kaki belakangnya. 

Dari perilaku unta ini, ada pesan yang disampaikan yaitu unta sangat santai ketika ia ingin duduk dan cenderung malas. Maka Rasulullah salallahu 'alaihi wa salam melarang kita ketika sujud menyerupai unta saat duduk. Dan umat Muslim diperintahkan untuk sholat sebagaimana Rasulullah salallahu 'alaihi wa salam sholat.

Wallahu a'lam bisshowab

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Feed me, Please =D