Rabu, 02 Mei 2012

TEDx Jakarta - Deceptive Truths

Ini benar-benar sesuatu..
Waktu itu seorang saudari mengajakku untuk ikut sebuah acara yang menurutku aneh, karena belum pernah sama sekali mendengarnya. 
Aneh, iya memang aneh.. nama acaranya TEDx.. pertama kali coba menerka, mungkin itu sebuah singkatan, tapi apa ya? Lalu setelah mencari-cari, akhirnya tahu jawabannya sekarang. Mau tahu?
TEDx itu adalah sebuah event organizer independent, jadi awal mulanya hanya ada TED dan itu hanyalah acara kecil yang diadakan di Amerika. Lalu karena acara itu bagus dan menarik, mulailah acara itu berkembang dan menjadi besar dan tersecar luas ke seluruh dunia. Makanya muncul nama TEDx, x itu artinya event yang diselenggarakan bersifat independent dan tidak terkait dengan TED yang sebenarnya.

Now, back to the story
Akhirnya karena bujukan sang saudari, aku pun mengagendakan tanggal 1 April saat itu untuk dapat mengikuti acara tersebut. Lalu apa? Ternyata pendaftaran sebagai pesertanya juga perlu persaingan yang cukup ketat. Bahkan aku berada di waiting list, yang kemungkinan gak kedapatan tiket. Tapi alhamdulillah akhirnya dapat juga :D 
 Pada hari H, aku dan saudariku tersebut bersama seorang teman juga pergi naik taksi ke tempat diselenggarakan acara, yaitu di JIS (Jakarta International School). Nah ada cerita menarik disini, jadi kami bertiga ternyata sama-sama bawa uang kurang dari 50rb.. (untungnya bukan aku yang paling sedikit bawa uang haha), jadilah aku dan si teman yang satu itu ngambil duit dulu di atm dekat JIS biar bisa bayar taksi --"

Jakarta International School, dari namanya aja udah terbayang kerennya seperti apa, pintu masuknya lagi, beda banget ama sekolah biasa :).
Sampailah kami di tempat, sebuah auditorium atau aula kesenian yang canggih seperti bioskop. Sebelum itu kami dimanjakan oleh berbagai merchandise dan makanan gratis, hemmm tapi kan bukan itu tujuan datang kesana. Tapi akan kusebutkan beberapa gratisannya, jadi sponsornya itu ada dari ACE, Mozilla Firefox, dan ada XL juga. ACE memberikan gratisan pop corn, Mozilla ngasih pulpen, stiker, tas, dll, banyak deh, dan uniknya XL nyediain chrarging HP berjalan. Lucu deh.. oh iya ada lipton ice dan body shop juga yang jadi sponsorship disana.

Deceptive Truths, tema yang diusung TEDx kali itu bisa diartikan sebagai kebenaran yang menipu. Kenapa disebut seperti itu? Ternyata selama ini kita banyak terlena oleh hal-hal yang kita anggap benar padahal itu adalah sebuah penipuan. Jadi ini adalah tentang bagaimana sebuah kebenaran itu diungkap.. Inilah The Deceptive Truths!
Untuk konten acaranya sendiri diisi oleh 7 pembicara, yaitu:

1. Bapak Gita Wirjawan
        Beliau adalah Menteri Perdagangan Indonesia periode 2009-2014. Beliau juga seorang pengusaha. Tampil memukau pada saat pembukaan acara dengan memainkan piano, bapak ini ternyata juga memikat perhatian para peserta dengan kata-kata motivasinya. Beberapa hal yang masih teringat di dalam pikiran adalah ketika beliau menceritakan tentang bagaimana pendiri Apple jatuh bangun mendirikan perusahaannya tersebut. Lalu beliau mengaitkannya dengan Indonesia yang sebenarnya masih ada harapan untuk bangkit kembali dengan memajukan anak-anak muda penerus generasi bangsa. Harus ada keyakinan dan percaya diri yang tinggi untuk bisa menggapai itu semuanya.

2. Bapak Andreas Prasadja
       Beliau adalah seorang dokter ahli tidur. Pekerjaannya hanya "mengntip" pasiennya tidur. Lalu memperhatikan grafik pernapasan yang dilakukan para pasiennya. 
             Beliau berkata sebagian besar kecelakaan yang terjadi adalah karena pengendara yang mengantuk. Dan kopi bukanlah hal yang dapat mencegah ngantuk, melainkan hanya sebagai penahan kantuk saja.
Ada orang yang sudah tidur, tapi terus mengantuk, ini dinamakan hipersomnia. Penelitian ini kemudian difokuskannya kepada orang-orang yang mengalami penyakit "sleep apnea" yang sering tidak dipedulikan oleh orang-orang awam. Lalu apakah sebenarnya sleep apnea itu?
Sleep apnea adalah gangguan tidur yang menyebabkan kesulitan bernapas. Kebanyakan orang yang tidur dan "mengorok" menganggap itu adalah hal biasa, padahal itu bisa saja gejala dari sleep apnea.
          Grafik yang ditunjukkan oleh penderita penyakit ini adalah normal, namun tiba-tiba saat orang tersebut mengorok terjadi gangguan pernapasan yang menyebabkan oksigen tidak dapat masuk dan itu bisa sampai 2 menit lamanya. Bisa dibayangkan seseorang tidak bernapas dalam waktu dua menit? atau bisa lebih.. dan dalam sejam kejadian itu bisa berulang-ulang terjadi.
                Maka disini sang dokter menyarankan agar bersyukurlah kita yang masih bisa tidur secara normal, dan jagalah terus kesehatan, jangan sampai membahayakan orang lain hanya karena kita ngantuk dan lalai dalam mengemudi kendaraan kita.

3. Ibu Connie Bakrie
               She is the first female military analyst in Indonesia. Menurutku pembicara yang paling keren saat itu adalah ibu connie ini. Awalnya mikir si ibu ada hubungan dengan keluarga Pak Bakrie, eh ternyata bukan. Jadi Ibu Connie ini peneliti keadaan keamanan militer di Indonesia. Ternyata keamanan di Indonesia sangat menyedihkan, dengan luas wilayah yang sangat luas dan negara yang berbentuk kepulauan diapit dengan laut dan laut, pengamanannya dinilai sangat tidak memuaskan. Negara kita ternyata diincar dari berbagai penjuru oleh negara asing dan negara tetangga, mulai dari darat, laut dan udara.
               Dengan wilayah laut yang lebih mayoritas, dan sumber daya alam negara juga banyak yang berada di laut, beliau sangat menyayangkan sikap pemerintah yang menyepelekan keamanan daerah maritim.  Ribuan kapal asing berlalu lalang di wilayah territorial kita bebas tanpa dikenakan biaya dan juga bebas menjarah hasil laut kita. Penyediaan kapal pengamanan juga bukan menambah aman malah membuat perseteruan di dalam tubuh negara sendiri.
             Beliau menyatakan kecewaan terhadap pemerintah, namun juga tidak menyangkal bahwa sulit untuk memimpin negera seperti negara Indonesia. Kita masih menganggap negara kita aman dan damai, tapi sebenarnya banyak musuh yang siap menerkam kita kapan saja. Dan jika kita masih saja terus terlena maka bersiap saja Indonesia akan dijajah kembali. Dukunglah keamanan negeri kita ini!

4. Ibu Firliana Purwanti
                Secara garis besar, ibu Firliana ini menjelaskan tentang orgasme pada wanita. Tapi berhubung aku gak ngerti jadi cuma tau garis besarnya aja hehe
                    
5. Ibu Herawati Sudoyo
           Beliau adalah seorang dokter, peneliti, dan penganalisa forensik. Saat itu dia bercerita tentang pekerjaannya yang menurutnya sangat menyenangkan, mungkin sangat berbanding terbalik dengan orang yang tidak menyukai pekerjaan ini, dan menganggapnya sangat membosankan. Pekerjaannya yaitu tidak jauh dari mencocokkan DNA korban-korban pembunuhan untuk kepentingan penyelidikan kepolisian. Hebat menurutku, dengan pekerjaan seperti itu, si ibu tetap tampil modis dan gaul. Intinya cuma cintailah pekerjaanmu, maka kau akan senang menjalaninya.

6. Bapak Noor Huda Ismail
                  Hemmmm, siapa menyangka pak Noor ini punya teman seorang teroris? Begitupun aku. Ketika beliau memulai kisahnya waktu remaja. Beliau masuk ke dalam sebuah pesantren dan berkenalan dengan beberapa teman. Disanalah ia mulai memahami agamanya. Setelah lama berpisah dengan teman-temannya, dia pun kaget ketika mengetahui salah seorang temannya adalah tersangka bom bali. Saat itu Pak Noor yang pekerjaannya sebagai reporter, kemudian bersegera mencari berita tentang temannya tersebut. 
           Ia lalu menulis sebuah buku berjudul "Temanku, Teroris?" disana dia menuliskan tentang perjuangannya menjelaskan kepada masyarakat bahwa teroris itu bukan identik dengan agama Islam. Di negara lain yang pernah ia datangi (maaf lupa negara apa) disana agama non Islam lah yang menjadi teroris. Jadi teroris itu bukan dikaitkan dengan suatu agama, melainkan pribadi dari orang tersebut masing-masing dan keterkaitan dari kepentingan suatu golongan, bukan agama. Karena sesungguhnya setiap agama pasti mengajarkan kebaikan dan perdamaian.

7. Bapak F.Widayanto
           Seorang buta warna yang menjadi Ahli Keramik. Ya inilah Bapak F.Widayanto. Kalo bisa dikatakan kisah bapak ini sangat menggugah. Saat beliau masih kecil, beliau sering diremehkan oleh orang di sekitarnya bahkan di keluarganya sendiri. Beliau sangat senang dengan binatang, namun karena dianggap aneh oleh orang tuanya, maka Pak Wid ini pun dilarang menggambar atau apapun yang berkaitan dengan kesenangannya itu. Ada kisah lucu yang disampaikan beliau, saat itu beliau sedang ngobrol dengan ayahnya, beliau bertanya "Ayah, apa makanan gajah?". Sang Ayah yang menyadari  arah pembicaraan anaknya itu langsung menghentikan pembicaraan dan berkata "Tidak boleh!" *maksudnya Pak widyanto ingin memelihara gajah di halaman rumahnya yang penuh dengan rumput, makanannya gajah.
           Ia pun kemudian masuk ke perguruan tinggi dengan mengambil jurusan seni rupa, padahal beliau buta warna, namun ternyata keberuntungan berada di pihak beliau, ketika sang petugas memeriksa data pak Wid, dia tidak memperhatikan surat keterangan dokter bahwa beliau buta warna. 
       Saat pengambilan jurusan, beliau mengambil jurusan karya seni keramik. Beliau ingin mengubah persepsi orang-orang bahwa tanah liat itu tidak hanya dibuat untuk dijadikan kendi air minum, tapi juga hasil karya seni lainnya. Sekarang dia bisa menunjukkan keyakinannya itu dan menjadi orang hebat dan inspiratif.

Itulah pembicara-pembicara super yang mengisi acara TEDx tanggal 1 April 2012. 
Selain itu ada penampilan dari 57kustik, sebuah orkestra yang alat-alat musiknya berasal dari barang bekas dan pemainnya berlatar belakang anak jalanan. Overall i enjoyed it. Actually that was awesome! Walaupun sepulang dari sana susah banget nyari taksi pulang, lalu akhirnya sempat beli bunga dulu yang dijual di pinggir jalan..



Thanx my dear Hanifah Muslimah dan temannya Afdhal :)

 smoga bisa bareng-bareng lagi ikut TEDx selanjutnya hehe


1 komentar:

Feed me, Please =D