Minggu, 05 Agustus 2012

Sanlat SMP 12 Tangsel 1433H (2)

Tanggal 3 Juli 2012 adalah hari terakhir bagi adik-adik kelas 7 melaksanakan pesantren kilat Ramadhan 1433H. Agenda pada hari tersebut sangat padat, karena pada hari itu selain ada pengumuman pemenang dari tiap lomba yang sudah dilaksanakan sebelumnya, juga ada promosi mentoring dan rohis. Hari tersebut jadi moment terpenting dari tiga hari yang ada, meskipun hari-hari yang sebelumnya juga penting, karena pada hari itu adik-adik yang mungkin baru pertama kali mendengar kata mentoring diajak masuk ke dalam lingkaran cinta tersebut.

Rundown acara pada hari itu yang pertama adalah training motivasi, yang dilanjutkan dengan hiburan oleh tim marawis SMP 12. Pada acara hiburan ini, terlihat adik-adik sangat antusias menikmatinya, sampai akhirnya mereka ingin tim marawis membawakan satu lagu lagi untuk mereka dengarkan. 

Selain acara tersebut ada penayangan video maker sanlat dari hari pertama dan hari kedua. Video itu berisikan foto-foto dokumentasi acara selama dua hari sanlat. Jadi, adik-adik dapat melihat foto-foto mereka baik yang mereka sadari ataupun tidak saat foto itu diambil. Sehingga banyak yang tertawa karena melihat foto temannya atau kelucuan tingkah mereka saat difoto.

Sebelum mereka masuk ke kelas masing-masing untuk berbuka puasa, adik-adik berkumpul terlebih dahulu dengan mentornya untuk dinamika kelompok. Disinilah saat kakak-kakak mentornya mempromosikan mentoring kepada adik-adiknya. Para mentor juga ditemani oleh pengurus rohis yang kemudian juga akan mempromosikan rohis. Ada yang merasa tertarik untuk ikut keduanya, atau salah satunya dan ada juga yang tidak tertarik sama sekali. Bagaimanapun juga para mentor sudah berusaha yang terbaik untuk dapat meyakinkan adik-adiknya untuk ikut mentoring. Meskipun nanti adik-adiknya bersama kakak mentor yang lain.

Setelah itu mereka menunggu wali kelasnya masing-masing hingga berbuka, sedangkan para panitia dan pengurus rohis kembali ke aula. Pada hari ketiga tidak dilaksanakan evaluasi karena waktunya yang sedikit, namun kalau dapat saya katakan, acara pada hari ketiga cukup berhasil dan adik-adik cukup merasa senang. Meskipun masih ada juga miskomunikasi dengan para guru, dikarenakan awalnya panitia berpikir akan ada kultum oleh guru agama di lapangan dan ternyata tidak karena kultum akan diberikan oleh wali kelasnya msing-masing, akhirnya ada sedikit perubahan rencana.

Sangat diharapkan di hari yang terakhir ini adik-adik dapat belajar banyak hal baik. Salah satu goal dari sanlat ini bagi kakak-kakak mentor adalah banyaknya adik-adik yang bersedia ikut mentoring dan menjadi pengurus rohis, sehingga kelak tercipta generasi penerus dakwah di SMP 12 Tangsel. Semoga adik-adiknya tetap istiqomah, walaupun baru masuk SMP tapi terlihat adik-adik ini memiliki potensi besar untuk kemajuan Islam, Allahu Akbar! :D
Jazakumullah khoiron katsir kepada para kakak-kakak mentor yang sudah bersedia meluangkan tenaga, waktu dan pikiran demi kesuksesan acara ini, hanya Allah yang dapat membalas semuanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Feed me, Please =D