Minggu, 12 Agustus 2012

Sanlat SMP 12 Tangsel 1433H (3)


Setelah hari 1,2 dan 3 berlalu untuk sanlat kelas 7 di SMP 12 Tangsel, saatnya sanlat hari ke 4, 5, dan 6 untuk kelas 8 di SMP 12 Tangsel. Berbeda dengan adik-adik kelas 7, adik kelas 8 sudah pernah merasakan sanlat di tahun sebelumnya. Sehingga mereka seharusnya sudah lebih mengerti apa saja aturan yang ada dan kegiatan apa saja yang akan dilakukan.
Kegiatan yang dilakukan hampir sama dengan hari 1,2, dan 3, hanya saja materi dan pembicaranya berbeda.  Pada hari ke-4, adik-adik kelas 8 sudah berkumpul di depan aula menunggu instruksi kakak-kakak panitia. Dan seperti biasa mereka diminta untuk sholat zuhur terlebih dahulu, untuk putri di aula sedangkan putra di mushola. Kemudian mereka berkumpul di aula untuk acara pembukaan dan penyampaian materi. Sepanjang hari ke-4 ini acara berlangsung lancar, hanya saja ternyata keadaan kelas 8 lebih ramai dari kelas 7. Maksudnya mereka lebih tidak bisa diam dibandingkan adik-adik kelasnya di kelas 7. Hal ini tentu membuat panitia cukup kewalahan, terutama panitia akhwat, karena adik-adik putri sebelumnya kalem-kalem. Hari ke-4 ditutup dengan acara games yang dipandu oleh MC. Terlihat adik-adik sangat senang mengikuti games "tebak gerak" tersebut.

Lanjut ke hari ke-5, pada hari itu acara dihandle oleh masing-masing panitia akhwat dan ikhwan kecuali pada saat lomba ranking satu. Waktu begitu sempit dalam menyiapkan acara pada hari itu, selain harus dinamika kelompok, kakak mentor juga harus menyiapkan adik-adiknya untuk dapat menampilkan yel-yel kelompok mereka. Akhirnya waktu untuk pemberian materi dinamika kelompok terpotong banyak karena latihan yel-yel tersebut. Setelah penampilan yel-yel dilakukan, adik-adik putra diperkenankan masuk kembali ke dalan aula untuk mengikuti acara selanjutnya yaitu perlombaan Ranking Satu. Berbeda dari ranking satu kelas 7, untuk kelas 8 kali itu pesertanya diwakilkan oleh 3 orang tiap kelompok. Sepertinya lebih seru dari ranking satu sebelumnya, karena terlihat lebih tertib permainannya. Dan akhirnya terpilih pemenang ranking satunya dari putrinya. Selepas dari acara ranking satu, adik-adik diminta untuk sholat Ashar, kemudian acara terakhir pada hari ke-5 itu adalah nobar film kungfu panda. Ternyata meskipun pada awalnya panitia merasa film tersebut cocok untuk adik-adik, film itu kurang dinikmati oleh mereka, karena selain bahasa film tersebut masih bahasa asing, suara dari sound systemnya juga kurang bagus saat itu.


Memasuki hari ke-6, hari terakhir sanlat untuk kelas 8 sekaligus merupakan hari tersibuk dan terpadat agenda acaranya. Pada hari itu dilaksanakan promo rohis dan mentoring yang dilakukan oleh para pengurus rohis SMP 12 dibantu oleh kakak-kakak mentor. Selain itu ada pengumuman perlombaan yang dilaksanakan pada hari kedua, yaitu lomba yel-yel dan rangking satu, pengumuman peserta terbaik dan penanya terbaik. Alhamdulillah agenda sanlat untuk kelas 8 pun bisa diselesaikan dengan baik. Adik-adik yang ingin mengikuti mentoring pun terlihat cukup banyak, semoga bisa ditindaklanjuti sehingga mereka tetap bisa merasakan indahnya lingkaran cinta mentoring, tidak hanya ketika mereka mengikuti sanlat saja.
Promo rohis dilaksanakan seperti cara sebelumnya yaitu menghadirkan pengurus rohis ke tengah-tengah peserta yang hadir, hanya saja ada pengurus rohis yang sebaya dengan adik-adik kelas 8, sehingga ketika adik tersebut mempromosikan program rohis, teman-temannya menyorakinya. Tentu saja panitia sudah berusaha menenangkan mereka, meskipun tetap saja mereka tidak menghiraukannya.
Di hari tersebut tak ketinggalan juga ada hiburan dari tim marawis SMP 12 Tangsel. Hiburan ini yang mungkin paling menarik perhatian adik-adik dan juga kakak-kakak panitianya, selain dapat terhibur tersisip pula shalawat dan nasihat-nasihat.

Lagi games "tebak gerak"
Tim marawis SMP 12 Tangsel

Dinamika kelompok hari ke-6 (promo mentoring)

Akhirnya agenda pada hari tersebut ditutup dengan buka puasa bersama wali kelas masing-masing. Sedangkan para panitia berbuka bersama dengan para pengurus rohis dan tim marawis.
Ini salah satu penampilan adik-adik marawis :

http://www.4shared.com/video/GQ9A_H7g/MOV001.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Feed me, Please =D