Jumat, 25 November 2011

Spirit Of Hijrah.. 1433 H



سعيد الهجري رأس السنة الجديدة
Sebenarnya belum tahu pasti kapan sebenarnya tahun baru Hijriah kali ini, karena ada yang mengatakan besok sedangkan di kalender sendiri ditulis tanggal 27 November 2011. Tapi yang penting adalah bagaimana kita menghadapi tahun baru kali ini.

Sebagai umat Islam, seharusnya Tahun Baru yang kita rayakan adalah Tahun Baru Islam. Kenapa? Karena Tahun Baru Hijriah ditetapkan ketika Rasulullah hijrah dari Makkah ke Madinah untuk berdakwah. Jadi sebagai momentum pengingat kita kepada perjuangan Rasulullah dan para sahabat yang tidak mudah dan penuh dengan onak dan duri.

Mereka bukan hanya berhijrah dalam hal pindah tempat saja, tapi juga hijrah dari kemaksiatan menuju ketakwaan. Seharusnya itulah yang harus selalu kita ingat ketika akan memasuki tahun baru. Saatnya kita meninggalkan keburukan-keburukan di masa lalu, dan kemudian menyambut hari depan dengan keyakinan mengubah sikap dan sifat lebih baik lagi.

Rasulullah berkata "Tidaklah aku menyesali sesuatu seperti penyesalanku atas suatu hari yang berlalu dengan terbenamnya matahari. Semakin berkurang umurku tapi tidak bertambah amalanku " (H.R. Mas'ud)
Jelas dari hadis itu bahwa jangan selalu menjadi orang yang hanya menyesali perbuatannya tapi tidak pernah mau berubah.

Di dalam diri kita ada sisi kebaikan juga ada sisi keburukan, memang Allah menciptakan kita dengan dua kriteria itu. Tapi apakah kita dapat menjadi orang baik atau tidak itu tergantung dari pribadi kita masing-masing.   Petunjuk sudah diberikan, apakah kita mau menggunakan petunjuk itu?
Banyak orang yang tersesat tapi tidak mau dibilang ia telah sesat. Kenapa? Karena dia lebih mementingkan sisi keburukannya.

Tidak heran kemaksiatan saat ini semakin merajalela. Karena tahun baru yang sudah seharusnya menjadi waktu pemuhasabahan diri malah menjadi suatu moment untuk berpesta pora, pesta miras, kembang api, bahkan naudzubillah pesta seks??

Oleh karena itu, mulailah dari diri kita sendiri. Pertama kita mulai dari diri kita sendiri, lalu keluarga, lingkungan, teman-teman kemudian dunia ini juga akan berubah.
Ingatlah selalu perjuangan Rasulullah yang dengan waktu yang cukup lama berada di Makkah tapi hanya memperoleh sedikit pengikut, tapi begitu beliau hijrah ke Madinah, apa yang terjadi? Umat Rasulullah semakin banyak. "Hijrah lah kita dari segala bentuk kemaksiatan, Lalu berlomba-lombalah dalam kebaikan". Makna lain lagi dari hijrahnya Rasulullah adalah beliau tidak pernah menyerah dalam menyebarkan kebaikan dan kedamaian.Jadi, ketika kita belum berhasil mengajak kebaikan kepada orang lain percayalah Allah lah sang pemberi hidayah. Dan kita harus terus berjuang dan jangan menyerah.

Berbanggalah jadi orang yang asing, tapi kelak bisa berada di kenikmatan yang kekal. Untuk apa menuruti hawa nafsu, karena hawa nafsu hanya memperbudak manusia. Tapi jadilah raja dari hawa nafsumu.
Muhasabah diri adalah penting, sebagai media introspeksi diri. Tidak hanya ketika akan tahun baru tapi akan terasa lebih berguna ketika kita memuhasab diri saat akan tidur, tentang apa yang sudah dikerjakan seharian.
Apakah kita sudah berbakti kepada kedua orang tua kita?
Apakah kita menjalankan semua perintah-Nya dengan ikhlas?
Apakah orang-orang terdekat kita merasa nyaman dekat dengan kita atau kita sering membuat masalah dengan orang lain?
Apa yang sudah kita sumbangkan kepada agama, bangsa dan negara ini?
Semua pertanyaan di atas bisa jadi salah satu bahan muhasabah kita, yang akhirnya kita dapat menemukan kesalahan-kesalahan yang ada pada diri kita

Sambutlah hari Hijrah kita dengan semangat yang selalu diperbaharui. Sehingga tidak ada kata lelah dan keluhan keluar dari hati ataupun mulut kita. "Al iimanu yaziidu wayankusu" Iman seseorang kadang naik dan kadang turun. Naik ketika kita banyak beramal dan turun ketika kita banyak bermaksiat. Dan yang mengetahui itu hanyalah diri kita sendiri dan Allah.


Umur kita di dunia ini terbatas maka manfaatkanlah waktumu untuk hal yang bermanfaat, jika tidak maka hal yang tidak bermanfaatlah yang akan mengisinya. 


Selamat Tahun Baru Hijriah 1433 H 
Semoga kita dapat menjadi insan yang selalu mencintai kebaikan dan membenci keburukan

3 komentar:

  1. tahun baru, semoga bisa menjadi lebih baik dan terus lebih baik lagi kedepannya.aamiin :)

    BalasHapus
  2. wah...
    sudah keduluan asri ternyata komennya hehe
    saling mengingatkan ya...

    BalasHapus
  3. makasih udah berkunjung ya akasyah'ers :* ayo kita harus bisa lebih baik dari sekarang =D

    BalasHapus

Feed me, Please =D